Selasa, 11 Oktober 2011

KESAN MASUK UNDIP, JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA, PMB DAN KULIAH

Memasuki jenjang pendidikan tinggi di universitas negeri membutuhkan usaha yang tidak mudah dan harus bersaing dengan puluhan bahkan ratusan ribu lulusan di seluruh Indonesia. Diterima di salah satu universitas terbaik di negeri ini adalah suatu kebanggaan dan bentuk keberhasilan bagi seseorang yang baru menyudahi jenjang pendidikan menengah atas. Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Dapat masuk ke dalam bagian dari Universitas Diponegoro adalah kebanggaan dan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, karena dengan pola yang dikembangkan, selalu dievaluasi dan penuh inovasi, dapat membentuk lulusan sarjana maupun ahli madya yang unggul dalam bidangnya.
Universitas Diponegoro tidak hanya membekali lulusannya dengan hard skill atau kemampuan yang khusus di suatu bidang, tapi juga soft skill yaitu kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan masyarakat dan bekerja sama ketika terjun dalam dunia kerja nantinya. Universitas Diponegoro juga merupakan salah satu universitas dengan dasilitas terlengkap di Indonesia sehingga dapat menunjang segala kegiatan akademik maupun non-akademik dalam proses perkuliahan. Bagi saya, mendapatkan kesempatan untuk menuntut ilmu di Universitas Diponegoro merupakan sesuatu yang tidak boleh disia-siakan, berjuang keras dan belajar tekun adalah hal yang wajib kita lakukan agar kita dapat menjadi lulusan yang berkompeten dibidangnya dan turut menjadi patriot bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai. saya memilih Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Awalnya teknik perencanaan wilayah dan kota merupakan teknik yang sangat asing ditelinga masyarakat dan kurang popular jika dibandingkan dengan jurusan teknik-teknik lainnya seperti teknik mesin, elektro, ataupun sipil. Banyak pertentangan yang menghadang ketika memilih teknik PWK. Namun itu terjawab sudah ketika masuk ke Jurusan Teknik PWK di Universitas Diponegoro. wawasan yang makin luas, kita makin yakin akan kegunaan Teknik PWK di masyarakat.
Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota di Universitas Diponegoro memiliki dua gedung berdampingan yang sangat megah dan fasilitas yang sangat memadai. pengaturan khas seorang Planner, memberikan suasana perkuliahan yang amat baik sehingga menambah semangat belajar. Space lab, laboratorium studio, ruang teater, ruang seminar, merupakan fasilitas yang disediakan demi mengoptimalkan perkuliahan. Pola pembelajaran yang sangat up to date dengan perkembangan zaman juga memberi kemudahan untuk mempelajari semua hal tentang penataan kota yang baik.
Selain itu, perkuliahan teknik perencanaan wilayah dan kota tidak hanya mempelajari pola penataan suatu kota yang baik, namun juga merangsang timbulnya pola piker progresif yang mengutamakan kemajuan berkesinambungan demi kebaikan saat ini dan masa yang akan datang. Seluruh rangkaian perkuliahan dimulai dari kegiatan PMB atau penerimaan mahasiswa baru.
Kegiatan PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan rangkaian kegiatan untuk pengenalan dan pelantikan untuk menjadi bagian dari Universitas Diponegoro. Dimulai dari tanggal 22 Agustus 2011 dengan Pelantikan oleh Rektor Universitas Diponegoro dilanjutkan dengan Pelantikan oleh Dekan Fakultas teknik dan pada tanggal 23 Agustus 2011 dengan pelantikan oleh Ketua Jurusan Teknik PWK. PMB merupakan suatu kegiatan yang amat berguna bagi mahasiswa baru dalam rangkan pengenalan dan adaptasi dalam kehidupan kampus. kehidupan pendidikan tinggi yang sangat berbeda dengan kehidupan pendidikan menengah.
Perkuliahan adalah suatu kegiatan yang sama sekali berbeda dengan kegiatan sekolah. Perlu adaptasi yang baik agar dapat menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Namun, proses perkuliahan adalah cara yang sangat efektif dalam mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara disiplin, menentukan skala prioritas dan masih banyak lagi. Memasuki suatu dunia yang sangat berbeda dari sebelumnya adalah tantangan kehidupan yang harus ditaklukan, dan menjalani dengan sebaik-baiknya adalah kewajiban bagi tiap kita mahasiswa baru Universitas Diponegoro.

1 komentar:

  1. kak saya tiara, saya mau masuk undip PWK juga tp D3. saya mau tanya lebih lanjut apa ada kontak yg bisa dihubungi? makasih:)

    BalasHapus